13 thoughts on “Show JELAJAH -99-MRS-82-KULIAH

  1. Andin Sefrina berkata:

    Memang sudah saatnya RS di Indonesia mengembangkan pelayanannya hingga tingkat dunia. Hal ini dilakukan untuk lebih mengenalkan pada dunia global bahwa Indonesia bukan hanya negara konsumen, namun juga bisa menjadi produsen pelayanan jasa kesehatan. Fenomena saat ini, masih banyak warga negara kita yang memilih berobat ke rumah sakit di luar negeri dengan alasan untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, padahal sumber daya pelayanan kesehatan di Indonesia sebenarnya sama baiknya dengan di luar negeri asalkan pengelolaannya maksimal dan bebas korupsi. Oleh karena itu, jika RS di Indonesia bisa mendunia, sudah barang tentu banyak masyarakat yang lebih percaya pada pelayanan RS kita. Selain itu, akan banyak masyarakat luar negeri yang datang ke RS Indonesia, sebagai salah satu alternatif pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu.
    (Andin Sefrina, Mahasiswa Program Magister Keperawatan Anak, FIK UI)

  2. menarik sekali, global tapi tetap sesuai dengan kearifan lokal…

  3. Fauziah Rudhiati berkata:

    Assalamualaikum, saya Fauziah, mahasiswa Pasca sarjana FIK UI tahun 2011, menarik sekali membaca review buku bapak, menghadapi era globalisasi bukan hanya sistem perekonomian saja yang harus dipersiapkan tetapi juga sistem kesehatan yang harus mampu bersaing secara global. super sekali bukunya pak, 🙂

  4. Jack Amidos berkata:

    setelah saya lihat dan baca management Rumah Sakit sudah begitu bagus dan Cara Kerja sudah melalui sistem informasi manajemen…

  5. dwinara78 berkata:

    website yang cukup menarik, ditambah lagi saat saya membaca judul bukunya: pemasaran kelas dunia untuk rumah sakit, itu membuat saya ingin mengetahui lebih dalam lagi. Memang benar saat ini sebenarnya Indonesia pun memiliki potensi kearah sana, dimana sebenarnya di Indonesia kita sudah memliki banyak ahli-ahli yang berpotensi untuk mengembangkan Rumah Sakit untuk Go Internasional, dengan memanfaatkan aset yang berlimpah di Indonesia terutama dengan bantuan Networking. Tinggal menanamkan motivasi bagi pihak Rumah sakit untuk belajar lebih banyak lagi, dengan membaca website ini pun saya kira bisa menjadi langkah awal untuk menumbuhkan motivasi. Mudah-mudahan Rumah Sakit di Indonesia bisa termotivasi untuk terus bersaing secara global. Dimana harapan kita bahwa nantinya pasien luar negeri pun bisa berobat ke Indonesia, seperti yang dilakukan pasien Indonesia di luar negeri.

  6. Feri Fernandes berkata:

    Web yang menarik dan memberi inspirasi. Beberapa tahun lalu saya sudah membuat blog tetapi tulisannya ga nambah-nambah Pak.hehe, Terkait pemasaran kelas dunia tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita. banyak kita lihat di kota besar berdiri rumah sakit bertaraf internasional, apakah sudah memenuhi kriteria berkelas dunia?? menurut padangan saya setelah membaca tulisan diatas, jawaban saya belum. Tentunya buku ini akan memberikan masukan bagi rumah sakit di Indonesia untuk berbenah diri untuk mampu bersaing secara global dengan memperhatikan kearifan lokal dengan pengaturan dan regulasi yang jelas.

  7. reninuryani115 berkata:

    Website yang cukup menarik, terutama bagi saya sebagai mahasiswa keperawatan, website ini cukup membantu saya menumbuhkan motivasi untuk lebih mempelajari tentang sistem informasi managemen. Dengan melihat beberapa judul dalam web ini, masih ada yang belum komunikatif, kurang tutorialnya terutama tentang robot medis.
    Bila melihat materi pemasaran global untuk RS, ini dapat menjadi salah satu panduan bagi RS untuk melakukan pemasaran global, dengan memanfaatkan program yang sudah ada, sehingga mampu bersaing di dunia Internasional. Yang menjadi perhatian saya program ini mengutamakan profesionalisme dan kompetensi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dalam pelayanan.

  8. Missesa Hendro berkata:

    Amazing… for dr. Boy, hasil karya ilmiahnya dapat menginspirasi pengembangan institusi pelayanan kesehatan. Tidak semua orang kesehatan memiliki kreativitas menulis ilmiah khususnya informasi managemen, saya sebagai perawat daerah termotivasi mengembangkan diri. Bila saya berkesempatan bertemu dengan pihak pengambil keputusan di Rumah Sakit Provinsi Kalimantan tengah, saya nanti akan rekomendasikan dr. Boy sebagai konsultan untuk mengembangkan pelayanan bermutu.

  9. Terima kasih buat dr. Boy. Memang sudah seharusnya seluruh RS di Indonesia berbenah menuju RS yang berkelas dunia juga diakui oleh dunia. Dalam meningkatkan pelayanan kelas dunia juga tidak lepas dari menggunakan teknologi yang semakin lama semakin maju yang berguna dalam memudahkan, penghematan serta dalam usaha mewujudkan teknologi yang go green. Pemberian pelayanan kesehatan yang tidak memandang tujuan sesaat dan tidak hanya mementingkan keuntungan juga merupakan salah salah tindakan dalam mewujudkan pencapaian MDG’s ( TENGKU RIKA ARMELIA mahasiswa STIKES Hang Tuah Pekanbaru Magister IKM -MARS)

  10. aridirgantara80 berkata:

    Assalamu’alaikum, perkenalkan pak saya Ariyanto mahasiswa pasca sarjana Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 9 C.Mengomentari tentang RS Indonesia menuju RS yang berkelas dunia,salah satu yang menjadi perhatian saya adalah biaya produksi untuk pelayanan kesehatan di indonesia masih tinggi.Sehingga RS di indonesia kurang kompetitif kalau dihadapkan dengan RS di Malaysia, Thailand, Apalagi singapura.Pajak Barang mewah yang dikenakan terhadap impor alat-alat kedokteran salah satunya, bahan baku obat.Dan tidak kalah penting focus dari pemerintah untuk menghadapi era globalisasi pelayanan kesehatan,sudah siap apa belum.Sepertinya Indonesia incorporated dapat menjadi salah satu solusi, agar RS-RS di Indonesia punya taji ,kompetitif, menjadi pilihan buat orang indonesia dan warga dunia lainnya.Terima kasih

  11. Anindita Azuma berkata:

    assalamualaikum.
    materi tentang SIMRS sangat berguna untuk perkembangan RS terutama di era teknologi yang smakin maju,sistem informasi d RS juga harus menyesuaikan karena akan sangat membantu dalam kinerja manajemen dan teknis di RS.

  12. Sri Hartini berkata:

    Assalamu’alaikum Pak.
    Saya Sri Hartini mahasiswa Pasca Sarjana Stikes Hangtuah Pekanbaru-Riau.jurusan ARS. Mengomentari tentang Pemasaran Kelas Dunia Untuk Rumah Sakit yang Bapak tuliskan, membuat saya terpicu dan berharap RS tempat saya bekerja akan menjadi RS kelas dunia yang selalu bisa beradaptasi dan menghormati keunikan dari linkungan internal maupun eksternal RS. Dengan ilmu dan tuntunan dari materi yang Bapak paparkan akan sangat bermanfaat bagi saya dan bagi semua SDM yang ada di RS baik untuk pelaksana funsional maupun bagi semua level manajemen. Terimakasih atas tulisan Bapak yang sangat menginspirasi.

Tinggalkan Balasan ke dwinara78 Batalkan balasan