JELAJAH -99-MRS-91-KETERAMPILAN BERFIKIR

View

Iklan

37 thoughts on “JELAJAH -99-MRS-91-KETERAMPILAN BERFIKIR

  1. Soft skill yang berkaitan dengan keterampilan berpikir memang dibutuhkan oleh setiap orang terutama dalam mengambil keputusan manajerial. Saya tertarik dengan konsep yang dijelaskan oleh dr.Boy. Setiap berpikir kita harus selalu megkaitkan dengan berbagai hal. Sehingga pemikiran dapat berkembang luas. Terimakasih Dok atas share ilmunya..
    (Valyandra P, Mahasiswa MMR UMY)

  2. Handri Febrians berkata:

    Dalam kehidupan, baik dalam berorganisasi, bermasyarakat, bekerja , keluarga maupun dalam kehidupan pribadi terdapat masalah2 yang harus dapat diidentifikasi, dicari solusinya, diambil sebuah keputusan untuk diselesaikan dan dievaluasi menuju arah yang lebih baik.
    Dalam setiap proses tersebut didasari oleh proses BERPIKIR oleh masing-masing individu tsb. Sebuah penciptaan suatu karya juga memerlukan suatu proses BERPIKIR.

    Apa yang bapak sampaikan bahwa Proses pengembangan kemampuan berpikir kristis dan kreatif serta memecahkan masalah dengan mengajak kami memiliki KEBIASAAN sederhana yaitu mulai menghubungkan berbagai hal dengan sesuatu. Dan ketika kebiasaan proses berpikir yang baik itu telah menjadi Karakter dengan input2 nilai-nilai yang baik (Ideologi, Kebijaksanaan, dll) maka keputusan yang di ambil juga semakin baik.

    Sebagai manager, pemimpin adalah Uswah. Uswah atau teladan bagi pengikut maupun timnya. Manager yang memiliki karakter dan proses berpikir yang baik dan kreatif akan memiliki tim yang juga demikian.

    handri febrians (mahasiswa MMR FKIK UMY)

  3. Neti Herawati berkata:

    Memang keterampilan berfikir sangat diperlukan oleh seseorang untuk menjadi sukses dimasa yang akan datang (Neti Herawati, mahasiswa STIKES HANG TUAH PEKANBARU)

  4. Zaki Sulistiawan berkata:

    Kesan mendalam ketika saya mengikuti kuliah yang diberikan Dokter ketika di FKIK UMY. Pernyataan yang menggelitik namun semuanya benar adanya sampai ada 8 penyakit bangsa kita ini. Salah satu yang kemarin dibahas adalah kita malas berfikir. Jadi seharusnya kita harus berfikir untuk menjadi bangsa yang maju. Namun yang menarik dari pembahasan Dokter adalah bagaimana kita mempunyai ketrampilan berfikir bukan berhenti dalam proses berfikir saja. Dapat mempunyai ketrampilan berfikir bila kita selalu diasah dan dilatih untuk berfikir secara benar. Seperti di slide di atas, harus memahami proses berfikir, mengajukan pertanyaan apa, mengaoa dan bagaimana; menghilangkan penghambat berfikir, Sehingga bila kita sudah trampil dalam berfikir, kita dapat menghilangkan kesalahan dalam berfikir atau pun salah dalam mengambil keputusan. Dan menjadi manajemen modern yang trampil tidak mustahil dapat diraih. Itu mungkin yang dapat saya serap Dok. Hatur nuhun, matur nuwun atas pencerahannya.

    (Zakky Sulistiawan, Mahasiswa MMR UMY 2012)

  5. Agus Sunaryo berkata:

    Yth, dr boy sabarguna.
    saya sangat berterimakasih atas pencerahan ini.
    Saya sangat setuju sekali bahwa tulisan soft skill yang berhubungan dengan keterampilan berpikir ini sangat diperlukan oleh manager dalam menentukan suatu keputusan ,…..apalagi dalam menentukan sikap yang sangat strategis dan memerlukan waktu bertindak yang cepat. Kelebihan dari seorang manager ialah apabila ia mampu mendapatkan masukan masukan dari semua bawahannya yang telah dibekali untuk berpikir.
    Tulisan ini sangat sederhana kelihatannya,….tetapi sangat besar manfaatnya apabila sebelum pertemuan kita sedikit memberikan pencerahan untuk semuan peserta yang mau urun rembug aktif dan berpikir secara sistematis.Saya akan menerapkan hal ini pada pertemuan dimasa mendatang.
    Dimana sebelum memulai rapat kita ingatkan kepada peserta untuk berpikir sistematis. Manager menjelaskan adanya masalah atau problem serta kaitannya kepada tugas pokok fungsinya masing masing kemudian dimohon untuk berpikir sistematik maka kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan sebagai seorang manager.
    Terimakasih dr .Boy…………………………………………………………………………
    Agus Sunaryo. Mahasiswa MMR. UMY.No mhsw : 20121030093.

  6. Sitti Fatmalla berkata:

    Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Yth dr.Boy Sabarguna
    Alhamdulillah dan terima kasih atas ilmu yang telah dibagikan kepada kami mengenai “Keterampilan Berpikir”. Bagi saya ilmu ini sangatlah bermanfaat terkait dengan keterampilan berpikir yang mana keterampilan berpikir sangatlah penting tidak hanya untuk kalangan mahasiswa atau profesional melainkan untuk setiap insan manusia karena dengan keterampilan berpikir setiap orang akan sanggup dan mampuh dalam mengambil keputusan-keputusan terbaik untuk dirinya sendiri maupun kebaikan orang lain.
    Terima kasih dr.Boy……Wassalamu Alaikum Wr.Wb
    Sitti Fatmalla Salim. Mahasiswa MMR UMY.NIM:20121030102

  7. yth dr boy sabarguna
    dalam keputuhan manajemen. soft skill sangat penting dan sangat mempengaruhi outcome keputusan,baik berupa kebijakan kebijakan strategis atau atau keputusan finansial lainnya.
    karena nya soft skill perlu dikembangkan dan perlu keterampilan berpikir agar hasil manajemen itu lebih optimal dengan pendapat pendapat yang lebih kreatif dan inovatif

  8. Elga Vinensa berkata:

    Yang terhormat dokter Boy Sabarguna
    keterampilan berfikir seperti yang dokter sampaikan sangatlah penting sekali. dimana keterampilan berfikir perlu dilatih terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik dan tepat. Dalam berfikir pun kita perlu tau dimana posisi kita dan tujuan kita , sehingga proses berfikir akan memberikan hasil yang tepat tujuan dan tepat manfaat. Seperti halnya bila kita sebagai top manager dimana keputusan yang kita ambil akan sangat menentuan aktivitas organisasi kita, sehingga keterampilan berfikir yang mumpuni sangatlah wajib dimiliki oleh pimpinan yang handal.

    Dalam proses berfikir kita harus terbuka terhadap ide-ide yang ada. wawasan yang luas sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil berfikir yang baik.

  9. itarosalyna1104 berkata:

    Yth dr. Boy

    Dari kuliah yg diberikan jumat lalu, hal kemampuan berpikir ini menyadarkan saya bahwa ternyata selama ini saya memang kurang memanfaatkan pikiran saya, sehingga banyak hal yang terlewat karena ternyata hanya naluri yang saya pakai.
    Dimana seharusnya pikiran yang merupakan anugerah terindah manusia dapat dipertajam dan dikembangkan dengan baik.
    Terimakasih banyak atas pencerahan yang diberikan dok.
    Ditunggu lanjutan tulisan untuk mempertajam dan mengembangkan pikiran ini.
    Semoga semakin sukses

    Salam
    dr. Ita Rosalyna

  10. Yth. dr. Boy
    Salam Sejahtera,
    Luar biasa buku yang Saya beli ini tentang Berpikir, seharusnya dimiliki semua kaum muda di Indonesia.
    Banyak potensi yang terpendam hanya karena malas berpikir dan sebagian kecil yang memang tidak tahu bagaimana memaksimalkan kemampuan berpikirnya.
    Semoga karya Dokter ini menyadarkan banyak insan untuk mengoptimalkan BERPIKIR demi kemajuan bersama pada umumnya, pun Manajemen Rumah Sakit pada khususnya.,

    Salam,
    dr. Maria Lioni (MMRS UNISBA 20090312018)
    drmarialioni.blogspot.com

  11. Lilis Suryani berkata:

    Yth . Dr Boy

    Ass. Wr. Wb
    Saya senang sekali mendapat kesempatan untuk bisa membaca materi-materi dari dokter boy, sayang sekali saya baru pada tahun 2013 ini bisa bertemu dengan dokter , tetapi tidak ada kata terlambat. dengan membac ini, dokter boy sebagai pembuka jalan seakan akan membangunkan saya dan baru tersadar dari prinsip yang selama ini memang ada pada saya, selama ini saya selalu beranggapan untuk tidak terlalu banyak berpikir, karena dengan banyak berpikir kita akan cape, tetapi setelah membaca materi dokter memang berpikir itu wajib dan harus kita lakukan pada setiap langkah dan tindakan kita apapun tindakannya, baik pada masalah sekecil apapun ataupun masalah yang sangat besar . mudah-mudahan teman-teman dapat membaca materinya dalam slide ataupun bisa mendapatkan bukunya secara utuh.

    Wass. Wr. Wb
    Lilis Suryani
    (Mhs FIK-UI – Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Tahun 2012-2013)

    • boysubirosa berkata:

      WA. RW. WB.
      TERIMA KASIH.
      Bukunya dapat dipesan di nulisbuku.com, suatu penerbit yang harus memesan dulu, membayar dulu, baru bukunya dicetak dan akan dikirim ke alamat, jadi tak ada stock.
      SELAMAT MENIKMATI DAN BERLATIH berfikir.
      dr. boy

  12. Tati Suryati berkata:

    senang bisa berjumpa dengan dokter dalam kuliah dikelas, saya banyak mendapatkan ilmu tentang manajemen rumah sakit, semoga rumah sakit-rumah sakit bisa mengambil dari buku-buku dokter, agar sistem rumah sakit di indonesia lebih baik

  13. Ulfa Suryani berkata:

    Ass. Wr. Wb
    Saya senang sekali berjumpa dan mendapatkan kesempatan untuk bisa membaca materi- materi dari dr. boy. Saya banyak mendapatkan ilmu dari dr.boy apalagi ilmu tentang manajemen rumah sakit. Semoga sistem rumah sakit indonesia bisa lebih baik di masa yang akan datang.

  14. uswatun hasanah berkata:

    Aslm. Wr.Wb.
    saya senang dapat diberikan kesempatan untuk bisa bertemu dalam perkuliahan dan membaca materi dr Boy yang sangat bermanfaat. Sangat kagum dengan dr Boy bisa berbagi ilmu melalui banyak buku yang sudah diterbitkan. sangat luar biasa…
    salam
    uswatun hasanah

  15. deasti nurmaguphita berkata:

    Assalamu’alaikum
    Walaupun belum membaca semua buku, tetapi rasanya ilmu di dalam buku dr.Boy kaya manfaat….luar biasa

  16. lince siringoringo berkata:

    sy senang dengan perkuliahan yang diajarkan dokter Boy, dapat membuat sy berfikir, sebelumnya sedikit berfikir…..

  17. iwan danardono berkata:

    Ass wr wb.
    Kuliah dr Boy tentang sistem informasi dan sistem manajemen rumah sakit, memberikan ilmu pengetahuan yang baru tentang hal tersebut. Bahwa utk pengambilan keputusanyg benar,harus didasarkan pada data dan informasi yang valid,hal ini dapat dicapai apabila rumah sakit mengembangkan sistem informasi yang handal dan reliabel.

    Iwan danardono. MMR UMY 9C NIM 20131030093

  18. ferry yudha berkata:

    Assalammu’alaikum Wr Wb
    Yth dr.Boy

    Rumah sakit harus merumuskan kebijakan-kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam serta harus mampu secara cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Dengan sistem informasi maka segala bentuk kegiatan rumah sakit dapat dilakukan dengan singkat (waktu lebih cepat). Salah satu contoh : Electronic medical record, data yang di-input dapat berhubungan dengan jaringan yang lain, dan data yang ada, dapat selalu di back up setiap waktunya. Harapannya kemajuan teknologi sistem informasi dapat diimbangi dengan SDM yang menggunakan teknologi sistem informasi tersebut. Sehingga dapat mewujudkan rumah sakit yang efektif, inovatif, dan responsif.

    Wassalam.wr wb
    Ferry Yudha – MMR UMY 9C

  19. khosiatun azmi berkata:

    Assalamualaikum,
    luar biasa itulah setelah saya membeli dan membaca buku dr boy..buku ini memberikan pengetahuan mendasar kepada saya tentang skills yang diperlukan bagi pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer, selain itu buku ini memberikan pemahaman kepada saya tentang bagaimana memanfaatkan sistem informasi sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen

  20. Erni Setiyowati berkata:

    Asslmlkm wr.wb
    pengalaman pertama saya kuliah dengan dr. Boy saya peroleh jumat kemarin tanggal 28 febr 2014. dari kuliah tersebut satu hal penting yang saya pelajari dari dokter adalah bagaimana cara berpikir yang tepat. Saya mendapatkan pengetahuan dari dokter bahwa yang seang kita kerjakan sebaiknya bukanlah berasal dari naluri saja melainkan ada ketrampilan berpikir sistematis pada setiap hal yang kita kerjakan. terima kasih dr. Boy semoga saya masih mendapat kesempatan di lain waktu untuk sharing dan memperoleh ilmu lebih banyak lagi.
    Wassalamualaikm wr.wb

    Erni Setiyowati
    Mahasiswa magister keperawatan anak
    Universitas Indonesia, 2013/2014

  21. sukma kirana berkata:

    Assalamu’alaikum Wr Wb . selamat pagi dokter, salam sejahtera. Materi ini saya baca sekilas dan saya penasaran dengan bukunya. besar harapan saya dapat mendapatkan kuliah bapak pada materi ini, Apa yang bapak sampaikan diatas menambah kemauan dan ketertarikakn saya untuk lebih mengembangan kemampuan berpikir kristis dan kreatif serta memecahkan masalah tanpa masalah lain yang muncul sehingga dapat TERBIASA. Yang menarik disini adalah “menghubungkan berbagai hal dengan sesuatu”. Harapan besar saya bapak dapat menjelaskan bagaimana proses penghubungan tersebut, saya berharap salah satu proses tersebut dapat mengembangkan kemampuan saya dalam melakukan terapi spesialis jiwa yang lebih banyak menekankan pada kemampuan meningkatkan kemampuan pasien dengan gangguan jiwa baik secar kognitif, perilaku, emosi dan sosialnya. email saya sukmakirana.89@gmail.com. Saya mahasiswa program studi magister keperawatan spesialis jiwa dengan NPM. 1306431583. Terima kasih, salam sukses dan SALAM SEHAT JIWA !!!

  22. dr. DEFRI berkata:

    Assalamu’alaikum wr. Wb
    Yth. DR .dr H. S.Sabarguna, MARS
    Terima kasih untuk pemaparan bapak tentang soft skill terkait ketrampilan berfikir. Saya setuju bahwa
    Soft skill merupakan kunci menuju hidup yang lebih baik, sahabat lebih banyak, sukses lebih besar, kebahagiaan yang lebih luas, tidak punya nilai, kecuali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baru bernilai. Soft skills yang dimiliki oleh setiap orang dengan jumlah dan kadar yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan bersikap. sehingga Kita bisa membedakan antara yang berfikir dan tidak berfikir.
    semoga nanti saya masih diberikan kesempatan di lain waktu untuk sharing dan memperoleh ilmu lebih banyak lagi.
    Wassalamualaikm wr.wb

    dr. DEFRI
    Mahasiswa magister ARS
    STIKES HANG TUAH PEKANBARU

  23. choidilla berkata:

    Assalamualaikum wr.wb.
    Yth. dr. Boy

    Terimakasih atas perkuliahan minggu lalu yang sangat bermanfaat dok. Berkat penjelasan dr. Boy tentang pentingnya keterampilan berfikir telah membuka wawasan saya bahwa keterampilan berfikir memang sangat diperlukan bagi semua orang baik dalam kehidupan sehari-hari, dunia pendidikan dan di dalam pekerjaan. Karena tanpa keterampilan berfikir yang baik kita akan kesulitan pada saat memecahkan masalah dan bagaimana mencari solusi dari masalah tersebut. Saya sangat senang dapat memahami tentang berfikir yang baik.

    Pembahasan favorite saya adalah pada bagian apa saja penghambat berfikir dan bagaimana cara menghilangkannya. Pembahasan tsb sangat membatu saya dalam mengatasi hambatan saya dalam berfikir selama ini, serta membantu saya untuk berlatih berpikir dengan baik.

    Sekian dari saya. Semoga sukses dan sehat selalu dr. Boy. Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya. Terimakasih atas ilmu yang telah dibagikan juga, semoga dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. AAMIINN.

    Salam hangat,
    Gusti Ayu Dilla Prihastuti
    Mahasiswi STIKES BANTEN
    Fakultas S1 Kesehatan Masyarakat – Semester 4

  24. farida aulia berkata:

    Assalamualaikum wr.wb. Terimakasih dr.Boy untuk materi kuliah tentang keterampilan berfikir. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya, karena setelah saya menerima materi ini saya menjadi mengerti tentang pentingnya berfikir. Dengan berfikir saya bisa mengambil sebuah keputusan sehingga bisa menyelesaikan masalah-masalah yang saya hadapi. Pemaparan materinya walaupun singkat namun sangat jelas dan mudah dipahami. Semoga ilmu ini bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja nanti. Sehat dan sukses selalu dok!! BERFIKIR HEBAT!!! Wassalamualaikum wr.wb
    Farida Aulia Anggraini, Mahasiswi STIKes Banten
    Fakultas Kesehatan Masyarakat, Semester 4

  25. Anita pertiwi berkata:

    Assalamualikum Wr. Wb..
    Sebelumnya saya sangat berterimakasih dok, atas perkuliah dab materi yang dibawakan dr. boy.. Mengenai materi keterampilan berfikir, saya jadi mengerti akan penting nya berfikir dlm segala sesuatu, terlebih guna dapat memberikan dampak yang baik juga untuk diri kita sendiri..
    Ilmu yang dokter berikan, semoga dpt saya terapkan langsung di dunia kerja nnti.. Dan semoga dokter juga selalu diberikan kesehatan agar bisa lebih mengajarkan banyak hal kepada mahasiswa/i nya..
    Terimakasih atas materi dan waktu untuk mengajarkan saya berbagai banyak materi, sukses selalu dr.Boy..
    Anita Pertiwi Cahyanto, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Semester 4. Stikes Banten

  26. Dessy Oktaviani berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Selamat pagi dr. Boy. Terima kasih atas materi perkuliahan tentang “Keterampilan Berfikir” yang sangat bermanfaat. Dengan materi yang dr. Boy sampaikan, saya sekarang mengerti bahwa keterampilan berfikir itu sangat penting. Membaca slide dr. Boy dengan penjelasan singkat namun jelas, kini saya bisa sedikit demi sedikit menerapkan keterampilan berfikir ini di kehidupan sehari-hari, guna kebaikan saya di kemudian hari. Sekali lagi, terimakasih dr. Boy atas ilmu yang disampaikan semoga dr. Boy diberikan kesehatan dan sukses selalu.

    Wassalamualaikum Wr. Wb
    Dessy Oktaviani
    Mahasiswi STIKes Banten
    Fakultas Kesehatan Masyarakat Semester 04

  27. Marlian Indriyani berkata:

    Assalamualaikum wr. wb. Selamat siang dr. Boy, Terima Kasih atas ilmu yang diberikan dengan materi “Keterampilan Berfikir”. Materi ini sangat membantu dan bermanfaat dalam kehidupan saya sehari-hari. Dengan menerapkan materi ini saya dapat mengerti akan pentingnya selalu berfikir dalam melakukan sesuatu, melatih saya untuk berfikir dengan mengajukan pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, mendapatkan solusi untuk mengatasi menghambatnya berfikir dan dapat mengambil keputusan secara tepat sehingga dapat memecahkan berbagai masalah saya.

    Terima Kasih dr. Boy semoga ilmu yang dokter berikan dapat saya terapkan didunia kerja nanti dan semoga dokter selalu diberi kesehatan, sukses selalu.
    Wassalamualaikum wr. wb. Marlian Indri Yani, mahasiwi STIKes Banten, Sekertaris Medik Semester 4.

  28. sabilla rabina berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Yth. dr. Boy Sabarguna
    Alhamdulillah dan terimakasih atas materi “KETERAMPILAN BERFIKIR” yang dokter sampaikan pada pertemuan minggu lalu, materi ini sangat bermanfaat bagi saya, karena materi yang dokter sampaikan bisa membuat saya mengerti bagaimana berfikir secara sistematik, membuka mata saya bahwa berfikir itu sangatlah penting dan harus tepat agar dapat memecahkan masalah atau mengambil keputusan dengan baik dan benar dalam kehipan sehari-hari maupun dalam hal manajerial di dunia kerja nanti. Selain itu didalam materi ini ada pembahasan mengenai apa saja penghambat berfikir dan bagaimana cara mengatasinya yang membuat saya dapat berlatih bagaimana menghadapi hambatan-hambatan tersebut. Materi “KETERMPILAN BERFIKIR” disajikan dengan singkat, padat, dan jelas sehingga memudahkan saya untuk menerima informasi dari materi tersebut.
    Sekali lagi terimakasih dr. Boy atas ilmunya, semoga dr. Boy selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindunganNya.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.
    Sabilla Rabina
    Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
    Fakultas Kesehatan Masyarakat semester 4

  29. Try Ajeng berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb, Sebelumnya Terima kasih dr. Boy atas ilmu dan pengetahuan tentang ” keterampilan berfikir “. Setelah saya membacanya saya mengerti tentang arti berfikir dan semoga ilmu yg telah diberikan dr. Boy dapat diterapkan oleh saya dunia kerja, sukses dan sehat selalu dok, wassalamualaikum Wr. Wb

    Try ajeng mawardah
    Mahasiswi Stikes Banten
    Fakultas kesehatan masyarakat, semester 4

  30. Aulia Minati berkata:

    Assalamualaikum wr.wb , terimakasih untuk materinya sangat bermanfaat dan juga bisa dimengerti dengan baik , semoga selalu diberi kesehatan agar bisa memberikan materi-materi yg bermanfaat lainnya , sukses selalu dr.Boy
    Aulia Minati Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat STIkes Banten semester 4

  31. Alma Oktafiani berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih Dr.Boy untuk materi perkuliahan Keterampilan Berfikir yang telah Dr.Boy berikan . Materi ini sangat bagus dan sangat bermanfaat dalam kehidupan saya. Bahwa dengan keterampilan berfikir,   berbagai masalah dapat di selesaikan dengan mudah melalui solusi yang telah difikirkan dengan baik. Sekali lagi terima kasih dr.boy . Alma Oktafiani Mahasiswi Stikes Banten , Fakultas Kesehatan Masyarakat , Semester 4 .
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  32. Oktiani Rahayu berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Selamat sore dr.Boy . Saya ingin mengucapkan terima kasih atas materi pembelajaran didalam kelas perkuliahan yang telah dr.Boy sampaikan secara jelas dan menarik. Dengan materi ‘’keterampilan berfikir’’ yang telah dr.Boy sampaikan saya menjadi lebih mengerti bahwa dengan memiliki kemampuan keterampilan dalam berfikir segala sesuatunya akan menjadi lebih baik. Semoga ilmu yang telah dokter berikan kepada saya akan terus bermanfaat didalam kehidupan saya. Semoga sehat dan sukses selalu dr.Boy.
    Wassalamualaikum Wr.Wb
    Oktiani Rahayu, Mahasiswi STIKES BANTEN Fakultas Kesehatan Masyarakat, Semester 4

  33. Diah Pertiwi berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Saya ingin mengucapkan Terima kasih kepada dr.Boy yang telah memberikan materi mengenai Keterampilan Berfikir. Dengan mendapatkan materi tersebut saya semakin mengerti betapa pentingnya Berfikir dengan baik sebelum melakukan sesuatu. Dan saya dapat mulai menerepkannya di kehidupan saya dalam mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada. Semoga ilmu ini dapat terus bermafaat. Sekali lagi terima kasih dr.Boy.
    Diah Pertiwi Mahasiswi STIKES BANTEN Fakultas Kesehatan Masyarakat Semester 4. Wassalamualaikum Wr.Wb

  34. Marian tonis berkata:

    Assalamu’alaikum. Terima kasih untuk ilmu yang telah bapak bagikan mengenai keterampilan berfikir. Semoga dengan telah membaca dan dg brusaha memahami saya bisa berfikir dg cara berfikir sistem. Amiin (marian tonis. 1605022)

  35. Rizal Husfaudin berkata:

    Assalamualaikum. Terimaksih atas materi keterampilan berfikir yg bapak smpai kpda kami. Dri mata kuliah ini saya secra pribadi jdi memahami bahwa dlam pengambilan keputusan hrus d lihat dri Apa, Mengapa dan Bagaimananya terlebih dahulu….
    Semoga yg d sampaikan bpak kpda saya menjadi berkah dri awal penyampain smpai akhir serta bisa saya amalkan kedepannya..
    Amin
    (Rizal Husfaudin 1605023)

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s