JELAJAH -99-SI-60-SISTEM BERBANTUAN KOMPUTER

View

Iklan

38 thoughts on “JELAJAH -99-SI-60-SISTEM BERBANTUAN KOMPUTER

  1. Saya merasa sangat beruntung bisa menjadi mahasiswa bapak karena banyak hal tentang masalah yg saya hadapi di RS tempat saya bekerja dapat saya tanyakan langsung ke bapak dan mendapatkan jalan keluarnya. menurut saya buku bapak juga simple dan lebih mudah di aplikasikan karena indikator2nya di sajikan berupa tabel atau bagan yang jelas. Terima kasih pak, semoga apa yang bapak ajarkan dan buku2 yg sdh kami baca ini, bisa jadi ilmu yg bermanfaat. ( Efrianti, Mahasiswa prodi MARS stikes Hang Tuah Pekan Baru)

  2. Arlina Dewi berkata:

    Melihat sebagian isi buku ttg Asuransi kesehatan, jadi tertarik untuk mencari di toko buku. Penulisan buku banyak menggunakan kerangka-kerangka berpikir, yang bagus untuk para praktisi maupun mhsw yang akan melakukan penelitian tp belum dapat ide konsep peelitiannya.Kemana ya kalo mau mencari buku-buku dr Boy ?
    Arlina (dosen MMR UMY)

  3. Andra Arsaff berkata:

    Pada era sekarang Ini komputerisasi merupakan standar utama dari penyelenggaraan Rumah Sakit yang baik. Diharapkan kedepannya walaupun rs tempt says bekerja berada dikabupaten semoga ditunjang dengan fasilitas yang baik. Thanks nak boy atas ilmunya.
    SEPTIEN ASMARWIATI MHS STIKES HANGTUAH PEKANBARU.

  4. Zaki Sulistiawan berkata:

    Menarik dari apa yang dipaparkan dalam slide di atas tentang teknologi virtual reality di dalam pendidikan kedokteran. Kalau boleh tahu Dok, mungkin link contoh produk atau video nya bisa di share. Terimakasih Dok.
    (Zakky Sulistiawan, mahasiswa MMR UMY 2012)

  5. sabarguna berkata:

    Jakarta 24 Jan. 2013.
    TERIMA KASIH.
    DAPAT DI LIHAT DI YOUTUBE.
    dr. boy

  6. Meuthia Arini berkata:

    Di zaman teknologi informasi teknologi yang serba cepat, maka sudah sewajarnyalan instansi2 yang berhubungan dengan pelayanan ke masyarakat, harus dapat mengikuti dari perkembangan teknologi tersebut.Dan paparan dari Dr Boy adalah merupakah salah satu cara implementasi teknologi informasi guna untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.terima kasih dok.

  7. Semua materi yang ditampilkan baik dalam buku maupun perkuliahan memang sangat penting terutama yang berkaitan dengan peminatan yang saya ambil untuk manajemen rumah sakit. tapi saya merasa masih sangat sedikit sekali ilmu yang saya peroleh dari Dr. Boy karna mungkin keterbatasan waktu perkuliahan yang ada. Saya sangat berharap sekali Dr. Boy bersedia menyediakan suatu ruang komunikasi dan meluangkan waktu berdiskusi dengan mahasiswa sehingga kami tetap bisa menimba ilmu dari bapak meskipun diluar jadwal perkuliahan yang disediakan. Terima kasih. (Abriloka Vidu Nugroho. PASCASARJANA STIKES HANGTUAH PEKANBARU)

  8. astral berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    dalam konsep telemedicine yang dipaparkan secara sekilas menurut saya pribadi. harus didukung infrastruktur yang memadai.
    di negara maju, katakanlah amerika, eropa dan asia seperti jepang dan korea. Koneksi internet dan bandwith bukan menjadi masalah.
    itu saja sudah menjadi kelebihan di negara maju.
    di indonesia sangat terbatasi dengan hal ini. internet dan bandwith masih merupakan sesuatu yang mahal.
    karena kecepatan koneksi internet akan menjadi hal yang penting terutama untuk penerimaan , pertukaran data dan sinkronisasi data

    terima kasih
    Taufiq Aribowo
    NIM : 20121030095
    Prodi MMR – UMR
    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

  9. singsetya berkata:

    assalamualaikum wr. wb
    menurut saya teknologi yang Dokter paparkan diatas sangat bagus dan semoga dapat mudah di aplikasikan serta direalisasikan di negara kita, mengingat sistem pemerintahan di indonesia yang tidak menentu. saya berharap untuk teknologi kesehatan tidak terpengaruh oleh segala bentuk kepentingan yang berbau politik, karena pekerjaan pemerintah kita terutama bidang kesehatan masih banyak yang harus di selesaikan.
    semoga komentar saya bermanfaat.
    wassalamualaikum wr wb

    singgeh setyasworo
    mahasiswa MMR UMY
    angkatan 8C eksekutif
    Nim: 2012 103 0101

  10. mahfud268 berkata:

    ASSalamu”alaikum wr wb, menurut saya yang dokter paparkan di slide sangat berguna untuk ilmu dan pengetahuan dan mudah untuk diaplikasikan dan direalisasikan dinegara kita terutama di bidang teknologi rumah sakit. Saya berharap teknologi kesehatan tidak terpengaruh oleh dunia politik,mudah-mudahan Dengan adanya tehnologi kesehatan tidak di ditumpangi hal yang menurut agama negatif, saya sangat tertarik dengan tehnologi kesehatan yang dokter paparkan . Wasalamu’alaikum wr wb

    Mahfud
    mahasiswa MMR UMY
    angkatan 8c
    nim :20121030090

  11. Asalamualaikum Dr. Boy….
    Setelah sekilas saya membaca ppt anda, saya tertarik dengan telemedicine. Telemedicine sangat penting dan dibutuhkan dalam perkembangan dunia kesehatan. Telemedicine dapat membangun kesehatan dengan efektif dan efisien tanpa dibatasi jarak. Dengan telemedicine, seorang dokter dapat dihubungi dimana saja tanpa harus hadir di hadapan pasien secara langsung.
    Dari berbagai manfaat telemedicine, kita juga harus memperhatikan dari segi ke legalan telemedicine tersebut. Bagaimana dengan di Indonesia ? Bagaimana jika telemedicine tersebut disalahgunakan? Perlukah pihak ketiga ? Dan saya pernah membaca sebuah blog yang menyatakan ada negara yang dia tidak mau menggunakan telemedicine.
    Namun di samping itu semua, telemedicine memang dapat memudahkan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.
    Begitu komentar saya Dr. Boy, yang masih ingin saya pelajari lebih lanjut adalah mengenai aspek ke legalan dan perlindungan data dari telemedicine untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

    Mahasiswi MMR UMY Angkatan 8A
    Jatuwarih Pintautami (20121030024)

  12. assalamualaikum wr.wb
    senang sekali akhirnya saya bisa masuk dalam blog dr. boy dan dapat melihat berbagai buku yang diterbitkan oleh beliau. banyak pembelajaran berharga yang beliau share pada kita-kita semua tentang sistem dirumah sakit. saya bangga sekali bisa menjadi salah satu murid dari dokter boy.
    saya sangat tertarik dengan artikel dan buku dari dokter boy yang berjudul “sistem berbantu komputer”. disini banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil.
    salah satunya adalah dengan berbasis komputer, kita sebagai user dipermudah cara pengoperasiannya, simple, efisien, tidak ribet, mudah dibawa kemana-mana, efisiensi waktu, efisiensi tenaga dan tidak tertinggal dari negara-negara lain yang berbasis komputer
    dengan menggunakan komputer ini kita bisa sharing dengan rumah sakit diluar negeri dan bisa lenih mudah mempelajari pasien dengan e-book. dimana kita bisa belajar melalui komputer. stimulasi adalah kita mengoperasikan alat seperti pada aslinya. distance learning dan teleconfrence kita bisa belajar dengan jarak jauh, tak perlu tatap muka secara langsung kita bisa langsung berinteraksi dengan dokter ato bahkan kelak kita bisa berinteraksi langsung dengan pasien.
    selain itu kita bisa mendapat berbagai tampilan seperti otebook, pc dan lain-lain. kita dimanjakan dengan fasilitas yang lebih mudah lebih praktis diera modernisasi ini sehingga mempermudah kinerja kita sebagai user atau dokter.
    ada juga sarana telemedicine dimana informasi medis dapat kita sampaikan kepada pemiliknya langsung memalui internet, komputer, sms dan lain sebagainya langsung dari alat pemeriksa. dan bsa dijamin kerahasiaannya.
    terima kasih sekali kepada dokter boy yang telah membagikan ilmunya kepada saya, sehingga saya bisa lebih berwawasan luas dan mempunyai rencana lebih matang dalam merancang suatu design Rumah Sakit impian saya yang berbasis komputer dan kelak insyaallah akan maju pesat karena era yang lebih canggih. amin
    FEBRIANA PUTRI NARAHESWARI
    MAHASISWA MMR UMY 8A
    NIM : 2012 103 0016

  13. Aditya Andika berkata:

    Saya cukup tertarik dengan konsep Telemedicine. Saya pernah membaca strategi marketing dari salah satu jaringan rumah sakit di India yang menggunakan Telemedicine sebagai produk unggulan mereka sehingga dapat menjangkau pasien-pasien dari jejaring rumah sakit terebut. Saya akui konsep tersebut memang bagus untuk perkembangan medis kedepannya, namun dibutuhkan tingkat pengetahuan tentang IT yang cukupuntuk menerapkannya ke pasien. Untuk di Indonesia sendiri mungkin konsep ini baru bisa diterapkan pada kalangan menengah keatas yang dapat mengikuti perkembangan jaman dan IT, sementara bagi kalangan menengah kebawah mungkin masih belum dapat dipergunakan dengan baik.
    Semoga dengan bergantinya hari dan semakin dibutuhkannya sistem teknologi informasi, konsep ini dapat diterapkan di negara ini dan dapat mencakup segala kalangan masyarakat.
    Sekian saja komentar dari saya. Terima kasih atas ilmu yang telah anda share bagi kami, semoga bermanfaat..
    Aditya Andika Muchtar
    Mahasiswa Pascasarjana MMR UMY angkatan 8B

  14. Hilma Nadhifa berkata:

    terima kasih dr. Boy atas ilmu yang diberikan kepada kita. saya rasa buku dr. Boy sangat bagus untuk kita pahami. isi dan penjelasannya cukup jelas dan mudah dipahami. konsep yang anda berikan sangat mungkin diaplikasikan karena akan sangat membantu bagi dunia kedokteran/kesehatan. dengan adanya sistem IT dalam bidang kesehatan akan membuat lebih efektif dan effisien. semoga kedepannya lebih dikembangkan lagi dan bisa berguna bagi bangsa kita. sekian komentar dari saya. terima kasih. Agus Rudi Kurniawan 20121030002 MMR UMY 8A

  15. Asbone Kun berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    dalam konsep telemedicine yang dipaparkan secara sekilas menurut saya. harus didukung infrastruktur yang memadai.
    karena kecepatan koneksi internet akan menjadi hal yang penting terutama untuk penerimaan , pertukaran data dan sinkronisasi data.
    selain infrastruktur yang memadai juga sumber daya manusia (SDM) juga unsur terpenting, karena jika SDM tidak bisa mengelola bisa menjadi bencana bagi sistem tersebut.

    terima kasih
    Asbone
    NIM : 20121030046
    Prodi MMR – UMR
    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

  16. Nastiti Ekasari berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb,
    Saya sangat tertarik dengan konsep telemedicine yang telah dr.Boy paparkan..menurut saya telemedicine akan sangat membantu kinerja para dokter dan staf kesehatan di lingkungan rumah sakit maupun pelayanan kesehatan lainnya,tentu saja harus didukung infrastruktur yang memadai serta SDM yang lebih baik. Selain itu, konsep ini akan sangat bermanfaat apabila didukung oleh pengolahan data base yang cukup intens dan validasi dari setiap informasi yang ada. Kemampuan dan kemauan dokter dalam memanfaatkan fasilitas yang ada sangat menentukan keberhasilanm konsep ini. Semoga hal tersebut dapat segera terlaksana pada semua rumah sakit di Indonesia,sehingga tidak kalah dengan pelayanan kesehatan di luar negeri.

    Wassalam,
    Nastiti Ekasari
    mahasiswa S2 MKK FKUI
    NIM : 1206330721

  17. Risnaldo Jaya berkata:

    Selamat malam Dr. Boy.
    Saya pikir, setelah melihat sekilas mengenai konsep yang Anda jabarkan, sungguh langkah yang tepat konsep ini diperkenalkan kepada kami para mahasiswa/i calon dokter dan tenaga medis lainnya. Hal ini, menurut saya untuk membiasakan penggunaan teknologi yang semakin berkembang pesat. Karena kadang (menurut saya) masih ada tenaga medis (tidak terkecuali dokter) yang masih belum fasih dengan penggunaan teknologi yang ada saat ini. Sebagai permulaan program ini, mungkin (sekali lagi ini menurut pemikiran saya) bisa dibuat sebuah software game/permainan mengenai dunia kesehatan/kedokteran yang menarik bagi para mahasiswa/i calon dokter dan tenaga medis, dimana kita tahu games/permainan adalah hal yang paling tidak membosankan di masa-masa kita kuliah dan sebagian besar mahasiswa/i menikmati berbagai bentuk games di dunia maya. Semua ini tentunya akan melatih daya ingat, prosedural, sistem motorik, problem solving, dan berbagai skill lainnya yang dibutuhkan oleh seorang dokter.

    salam hangat,
    Risnaldo Jaya
    1206330734
    Mahasiswa S2 MKK FKUI

  18. Agung Setiawan berkata:

    Assalamu’alaikum..wr.wb.

    Selamat siang Dr.Boy, terima kasih sebelumnya saya ucapkan, dikarenakan materi telemedicine ini membuka wawasan kami bahwa dunia kedokteran pun tidak akan lepas dari dunia informatika.
    Dan konsep dokter terkait telemedicine dalam kedokteran akan sangat bermanfaat bila dapat diterapkan secara komprehensif.
    Dikarenakan arus informasi yang sangat tinggi pada saat ini, maka praktisi dan penyelenggara kesehatan pun harus ikut serta dalam perkembangan telemedicine.
    Salah satu yang bisa disoroti terkait telemedicine untuk bidang kesehatan adalah E-Learning atau distance study, hal ini akan sangat membantu akses bagi praktisi kesehatan yang ingin menuntut ilmu tetapi terkendala jarak dan waktu.
    Seperti yang kita ketahui bahwa sarana pendidikan di Indonesia belumlah merata, sehingga apabila ada praktsi kesehatan dari wilayah Timur harus mengeluarkan biaya, tenaga dan usaha yang besar untuk dapat melanjutkan pendidikannya.
    Semoga dengan adanya materi ini dapat membuka jalan ke depannya agar Bangsa Indonesia dapat menyejajarkan diri dengan Bangsa lain dalam peningkatan SDM kesehatan berbasis Telemedicine.

    Salam hormat,
    Agung Setiawan
    Mahasiswa S2 MKK FKUI
    1206330633.

  19. Brian Gandhi berkata:

    Selamat malam dr. Boy,
    Saya teringat ulasan pada salah satu acara berita di televisi mengenai perkembangan aplikasi aplikasi baru pada smartphone di Jerman terkait dengan pemantauan indikator-indikator medis seseorang; tentunya hal ini menguatkan bahwa telemedicine yang dijabarkan oleh dr. Boy menjadi suatu hal yang seharusnya bisa segera diwujudkan di era teknologi informasi saat ini.
    Keakurasian pemeriksaan, kecepatan penyampaian dan pengolahan informasi akan lebih mempermudah pelayanan medis secara efektif dan efisien, membantu menentukan prioritas dan membantu ketepatan keputusan yang akan diberikan oleh pelaku medis di dalam sistem tersebut. Terlebih lagi, seluruh data akan menjadi sangat bermakna untuk menjadi dasar penelitian dan pengawasan berlakunya sistem pelayanan kesehatan yang terpadu.
    Perlu disadari juga kemajuan teknologi ini perlu diimbangi dengan kesiapan kita sebagai praktisi kesehatan untuk mau selalu meng-upgrade kemampuan mengimbangi teknologi informasi yang selalu berkembang. Hal ini saya optimis akan dapat terlaksana dengan sosialisasi dan kepedulian bersama antara praktisi kesehatan, pemerintah dan pelaku bisnis di sektor swasta. Kesulitan-kesulitan yang ada akan menciptakan banyak peluang untuk berkembangnya ide-ide baru dari anak bangsa untuk mengembangkan teknologi informasi di bidang pelayanan kesehatan.

    Terima kasih dr. Boy untuk ulasan-ulasannya, karenanya saya pribadi dan mungkin sejawat-sejawat lain menjadi lebih bersemangat untuk selaku meng-upgrade kemampuan terkait kesiapan SDM kesehatan untuk memajukan Indonesia.

    salam hormat,

    Brian Gandhi
    Mahasiswa MKK FKUI
    1206330665

  20. Putri Tresnasari berkata:

    Saya sangat tertarik mengenai materi dan konsep yang diuraikan kepada kami. Hal ini menambah wawasan saya tentang teknologi informasi, Untuk menjalankan kegiatannya dengan efektif dan efisien, sebuah Pelayanan Kesehatan di perusahaan yang dipimpin dokter perusahaan memerlukan suatu sistem pengolahan data informasi pembiayaan kesehatan yang mendukungnya. Salah satu sistem yang dibutuhkan adalah sistem informasi akuntansi. Dengan sistem informasi yang memadai diharapkan akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan pengendalian intern pembiayaan kesehatan pada rawat jalan Pelayanan Kesehatan di perusahaan yang dipimpin dokter perusahaan tersebut. Dimana dalam pelayanan rawat jalan sistem dan prosedur harus disusun sedemikian rupa sehingga terlihat langkah-langkah yang jelas dari segenap aktivitas mulai dari prosedur pendaftaran pasien, prosedur tindakan perawatan rawat jalan sampai prosedur pemeriksaan pra kerja, berkala dan pasca kerja.

  21. Putri Tresnasari berkata:

    Hormat saya,
    dr.Putri Tresnasari
    PPDS Kedokteran okupasi FKUI
    1206236395

  22. Natalia Ida berkata:

    Perkembangan teknologi pendidikan memang menarik dan menantang untuk terus diikuti. Seperti contoh dalam slide dr. Boy, saat ini peserta didik sangat dimudahkan dalam pencarian informasi maupun penyajian tugas-tugas, tidak hanya peserta didik namun para pendidik juga mendapat banyak kemudahan. Menarik untuk didiskusikan, apakah dikemudian hari pendidik tidak diperlukan lagi karena sumber-sumber pengetahuan bisa didapatkan dengan mudah? Dapatkah pembelajaran-pembelajaran yang langsung dengan para pendidik digantikan dengan virtual? Menurut saya, ada nilai yang tidak dapat digantikan dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan bagi para pelayan masyarakat seperti dokter dan perawat, karena pendidik bukan hanya memberikan ilmu tetapi juga menyalurkan nilai-nilai moral dan sense of human touch bagi peserta didik. Bagi saya, nilai tersebut yang akan membentuk tenaga kesehatan, bukan hanya cerdas dan kritis atau terampil, tetapi juga manusiawi.

    Hormat saya,
    Natalia Ida
    Pasca Sarjana FIK UI

  23. Sigit Yuniarto berkata:

    Selamat siang dr Boy,
    Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, sudah saatnya rumah sakit menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh teknologi untuk memperbaiki sistem informasi nya agar bisa memberikan informasi yang dibutuhkan dan akurat.
    Informasi yang akurat tersebut diharapkan bisa menjadi dasar dari manajemen rumah sakit dalam mengambil keputusan yang strategis.
    Dengan adanya bantuan komputer dan SDM yang memiliki kompeten, diharapkan informasi yang tersaji akan up to date dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan.

    Hormat Saya,
    Sigit Yuniarto
    Mahasiswa MMR UMY 9C

  24. tuti yuniati berkata:

    seiring dengan perkembangan dan kemajuan tehnologi,maka rumah sakit juga harus menerapkan tehnologi informasi dalam mengelola semua kegiatan di RS,salah satu manfaat penggunaan tehnologi informasi adalah untuk mempercepat analisa kegiatan atau proses yang berlangsung di RS.

  25. deni sobaryaman berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    maaf pak, boleh bertanya? perkembangan teknologi begitu cepat,apalagi di dalam sebuah organisasi rumah sakit, dengan ilmu yang saya dapat dari bapak,bagaimana menegaskan ke pihak manajemen rumah sakit mengenai pentingnya penerapan sistem ini dalam pelaksanaan / pengelolaan rumah sakit daerah ?,terima kasih

  26. dr Boy berkata:

    Jakarta 16 Juni 2014
    Wa Wr Wb.
    TERIMA KASIH.
    Dapat dicoba:
    1) presentasikan materi SISTEM BERBANTUAN KOMPUTER;
    2) adakan bedah buku e-hospital;
    3) kunjungilah RS dengan SISTEM INFORMASI YANG BAIK.
    SELAMAT MENCOBA.
    dr Boy

  27. asrofi berkata:

    Menarik sekali apa yg disampaikan oleh dr boy mengenai sistem berbantuan komputer di bidang kesehatan. Ternyata perkembangan teknologi informatika dibidang kesehatan sudah sedemikian maju, mulai dari peralatan dan aplikasi sistem informasi rs. dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini di rumah sakit dapat bermanfaat sekali dalam kecepatan pelayanan dan ketepatan kebijakan ditingkat direksi. Namun menurut saya untuk dapat memanfaatkan teknologi ini dg baik rs di daerah mengahadapi beberapa kendala seperti kendala biaya, komitmen dan kemauan karyawan, kesadaran dan pengetahuan atas manfaat yang dpt diterima. Namun demikian secara bertahap rumah sakit mau tidak mau harus mengikuti dan menggunakan perkembangan teknologi informasi.
    asrofi (2014103082) MMR UMY 10C.

  28. Larasati Kusuma Putri berkata:

    Bermanfaat sekali dok ilmu2 di website ini…sukses selalu dr. Boy

  29. Nina Werdianti berkata:

    Assalamualaikum wrwb..
    materi yang dokter boy sampaikan sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan saya.. sehingga dengan adanya teknologi (komputer) dapat membantu kinerja tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan.. semoga dapat diterapkan dan dapat terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi..
    terima kasih..
    Nina Werdianti – 1505061 – STIKES Hangtuah Pekanbaru.

  30. yuliana berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Terima kasih dr.boy yang telah bersedia memberi perkuliahan dikelas kami. Materi yang dr.boy paparkan diatas cukup jelas dan menambah pengetahuan saya dalam bidang teknologi karena dengan adanya teknologi kita bisa memperoleh informasi dengan sangat mudah, dengan menggunakan komputer kita dapat mempermudah pelayanan medis di RS secara efektif dan efisien untuk membantu para staff staff medis yang bekerja di rumah sakit. Semoga apa yang dr.boy sampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Wasalamu’alaikum wr.wb

    Salam hormat,

    Yuliana
    Mahasiswi Stikes Banten
    Fakultas Kesehatan Masyarakat, semester 4

  31. trimksih dr. Boy, materinya yang sangat menarik dan menambah wawasan pengetahuan saya, krn memeng betul sebuah instansi pada saat ini dituntut untuk meningkatkan kwalitas pelayanannya, salah satu indikator yang menjadi mutu pelayanan kesehatan yaitu dengan sistem berbantuan komputer atau dengan kata lain dengan sistem informasi rumah sakit, sehingga dengan diterapkannya sistem tersebut akan lebih efektif dalam melayani custemer.
    Hodiri Adi Putra, MMR UMY 2016

  32. Aldiga berkata:

    Assalamu’alaikum Dr.Boy
    Terima kasih banyak untuk ilmu-ilmu yang sudah bapak diberikan kepada saya, baik melalui perkuliahan, buku dan melalui website ini. Saya merasa bangga karena bisa diajarkan langsung oleh bapak, karena selama ini saya hanya membaca buku-bukunya saja. Untuk materi yg berjudul Sistem Berbantuan Komputer, sangat berguna untuk saya karena menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang Sistem Informasi Rumah Sakit. Menurut saya Sistem Berbantuan Komputer ini sangat diperlukan di era saat ini yg hampir semuanya berbasis digital/elektronik. Dan yang paling penting menurut saya adalah menjadikan seluruh rumah sakit di Indonesia berbasis informasi dan berbantuan sistem komputer, walopun masih banyaknya kendala yang ada.

    Aldiga.
    Prodi Pasca Sarjana MARS
    Stikes Hang Tuah Pekanbaru.

  33. Anastasya Shinta Yuliana berkata:

    Nama : Anastasya Shinta Yuliana
    NIM : 1605009
    Assalamualaikum wr-wb. Menurut saya pembahasan tentang sistem berbantuan komputer pada bidang kedokteran ini sangat menarik. Karena di zaman yang serba digital seperti saat ini dibutuhkan sistem yang berguna untuk mempermudah pekerjaan, terlebh di rumah sakit. Karena di rumah sakit semua pekerjaan di tuntut di selesaikan dengan cepat. Apalagi yg berkaitan dengan dokter dan pasien. Saya sangat tertarik dengan telemedicine dalam pembahasan ini karena itu sangat mepermudah pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa perlu bertatap muka. Saya ingin tahu di rumah sakit manakah di pekanbaru yang sudah menggunakan telemedicine ?

  34. Hidayati Mukhtar berkata:

    Assalamualaikum dr. Boy
    Pemaparan bapak mengenai sistem informasi berbantuan komputer di era digital ini membuka pemikiran saya. Indonesia sebagai negara yang luas dengan kondiai georafi kepulauan, tidak memungkinkan menempatkan dokter ahli di seluruh pulau. Sehingga dengan menggunakan Telemedicine menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan indonesia. Selain itu Telemedicine perlu adanya UU yang memayunginya, agar dapat dipertanggung jawabkan.
    Hidayati Mukhtar, 1605016
    Magister MARS Stikes Hangtuah Pekanbaru

  35. Gusni khaidir berkata:

    Assalamualaikum, sebelumnya saya berterimakasih atas materi yg telah bapak berikan, disini saya mau bertanya pak Rs manakah di indonesia yg telah menerapkan telemedicine dengan sangat baik

    By : Gusni Khaidir
    1605026

  36. Rahmat zuldeni berkata:

    Assalamualaikum.wr.wb
    Melihat bahan kuliah bapak saya bersyukur masuk kuliah dibidang kesehatan ternyata walaupun saya sarjana nya komputer ternyata sangat berhubungan.
    Dengan sistem berbantu komputer pelayanan kesehatan lebih berkualitas„akurat,cepat,mengurangi kesalahan.
    Rahmat zuldeni
    Nim : 1605067

  37. Albertus Rico prayogi berkata:

    Sistem berbantuan komputer yg saya baca power pointnya sangat menarik. Terutama tahun 2009 tulisan ini dibuat seperti bisa meramalkan kedepannya dunia kedokteran akan menjadi seperti yang bapak paparkan. Luar biasa.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s