JELAJAH -99-MRS-66-KOMPETENSI MANAJEMEN RS

View

Iklan

20 thoughts on “JELAJAH -99-MRS-66-KOMPETENSI MANAJEMEN RS

  1. Zaki Sulistiawan berkata:

    Assalamualaikum ww
    Menurut saya dari 10 item yang dipaparkan, poin ke 10 tentang wirausaha, paling sulit diperoleh. Karena ini butuh bakat yang tidak dapat diperoleh dalam pembelajaran / training 1 – 2 hari saja. Dan kalau pun mencontoh dari yang dilakukan oleh orang lain, hanya akan menjadikan dirinya “follower” saja. Dan menurut saya sifat wira usaha (mempunyai sense of business) haruslah dipunyai oleh pucuk pimpinan RS / Direktur RS. Karena di tengah persaingan yang cukup sengit, diperlukan inovasi-inovasi yang baru RS tetap survive.
    Terima kasih Dok, atas perhatiannya.
    Wassaalamualaikum ww
    (Zakky Sulistiawan, mahasiswa MMR UMY angkatan 8C)

  2. drgyudi17 berkata:

    Assalamualaikum ww
    Web yang sangat unteraktif Dok, terutama bisa di download untuk belajar. Khususnya umtuk “kompetemnsi manajemen RS”, Saya ingin menanyakan tentang komponen Global Finance dan e-Hospital kenapa dimasukkan untuk kompetensi kepemimpinan manajemen RS? Apakah Manajemen RS dituntut untuk memahami Global Finance (ataukah globalisasi health care?) dan menerapkan e-hospital sehingga akan didapat keunggulan dibandingkan pesaingnya?
    Terimakasih atas perhatian Dokter, dan mohon jawabannya.
    Wassalamualaikum ww

    Yudi Wiyono, mahasiswa MMR UMY Angkatan 8c

    • sabarguna berkata:

      JAKARTA 9 FEB. 2013
      WA. WR. WB.
      PERSAINGAN sekarang ini bersifat global, maka tak ada jalan lain untuk menguasai keungan dan sitem infirmasi kelas dunia, bila tidak ingin ketinggalan.
      dr.boy

  3. Irra Wahyuni berkata:

    Assalamualaikum.Wr.WB..
    Menurut saya, semua materi yang ada di web dokter sangat bermanfaat terutama dibidang MMR. Khususnya untuk materi “Kompetensi Manajemen RS”. Dari keterampilan manajemen yang ada, sampai saat ini yang masih menjadi kendala dalam kompetensi manajemen adalah komunikasi dalam Tim kerja. Masih seringnya terjadi salah persepsi sehingga dalam melakukan kerjaan menjadi tdk maksimal akibat komunikasi yg tdk baik dan terarah.
    Yang ingin saya tanyakan kpd dokter bagaimana cara mengatasi kendala tersebut dan apa saja solusi yang real yg bisa dilakukan dlm sebuah organisasi ?
    Terima kasih atas perhatian dokter.. ditunggu jawabannya yaa dok..
    Wassalamualaikum.Wr.WB..

  4. Irra Wahyuni berkata:

    Maaf dok, lupa ketik nama.. hehee 🙂
    Ira wahyuni, mahasiswa MMR UMY angkatan 8A

  5. sabarguna berkata:

    Jakarta 9 Feb. 2013
    WA. WR. WB.
    Persaingan internasional memerlukan kemampuan keungan dan sistem informasi kelas dunia, bila tidak akan sulit bersaing.

  6. Windi Pertiwi berkata:

    assalamualaikum dok,,
    menurut saya dok, semua materi yang ada di website dokter sangat bermafaat bagi perkembangan rumah sakit dok.
    yang ingin saya tanyakan apakah kita mampu untuk menjadi pesaing dalam persaingan rumah sakit internasional, menurut saya dok, untuk tahap awal sebaiknya kita membuat strategi awal untuk menarik kembali masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negri dok, karena saat ini terjadi trend peningkatan masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negri dok.
    terima kasih dok

    WINDI PERTIWI, MAHASISWA MMR ANGKATAN 8A

  7. Irhami Elfajri berkata:

    assalamualaykum wr wb
    dok maaf sebelumnya, ada 1 hal yang ingin saya tanyakan, salah satu tujuan kompetensi manajemen adalah manajemen yang efektif, bagaimana manajemen bisa berjalan dg efektif jika SDM yang dimiliki dimana berada di posisi/ jabatan tertentu tidak menguasai bidangnya, padahal untuk mencari SDM lagi amat sulit?
    terimakasihatas jawabannya dok

    Irhami Elfajri Mahasiswa MMR angkatan 8A

  8. Sidiq Nurrahman berkata:

    Assalamualaikum.Wr.WB..
    Menurut saya, semua materi yang ada di web Bapak sangat bermanfaat terutama dibidang MMR. Terimakasih pak atas motifasi dan ilmu yang telah bapak berikan
    melalui buku dan perkuliahan yang telah bapak berikan karena telah membuka pemikiran dan menambah ilmu saya tentang managemen rumah sakit , yang ingin saya tanyakan dalam bidang manajemen pengelolaan SDM, bagaiman kerja tim yang baik/kolaborasi tim tenaga medis yang baik, selama ini yang saya lihat ketika COAS di RS, antara dokter,perawat dan apoteker terdapat kesenjangan ,, padahal mereka sama-sama S1 !!!!!
    trimaksih bapak……….

  9. Sidiq Nurrahman berkata:

    Assalamualaikum.Wr.WB..
    Menurut saya, semua materi yang ada di web Bapak sangat bermanfaat terutama dibidang MMR. Terimakasih pak atas motifasi dan ilmu yang telah bapak berikan
    melalui buku dan perkuliahan yang telah bapak berikan karena telah membuka pemikiran dan menambah ilmu saya tentang managemen rumah sakit , yang ingin saya tanyakan dalam bidang manajemen pengelolaan SDM, bagaiman kerja tim yang baik/kolaborasi tim tenaga medis yang baik, selama ini yang saya lihat ketika COAS di RS, antara dokter,perawat dan apoteker terdapat kesenjangan ,, padahal mereka sama-sama S1 !!!!!
    trimaksih bapak……….
    SIDIQ NURRAHMAN MAHASISWA MMR ANGKTAN 8B UMY

  10. Erysa Herdiana berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Menurut saya materi yang dokter sediakan di web ini sangat berguna sekali, khusus untuk materi kompetensi manajemen rumah sakit yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita menilai suatu sdm memiliki kompetensi yang berkualitas untuk kemajuan rumah sakit dan bagaimana cara kita menangani kesenjangan yang ada di rumah sakit baik karna segi pengalaman maupun tingkat pendidikan
    Terimakasih sebelumnya dok..,
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    ERYSA HERDIANA MAHASISWA MMR 8A

  11. Hasti Apriyanti berkata:

    Assalamualaykum wr. wb
    Terima kasih dok atas ilmu yang telah dituangkan dalam website ini, sehingga semua pihak yang membutuhkan dapat mengakses dan membacanya. Yang ingin saya tanyakan sebenarnya adalah sangat sederhana, namun menurut saya hanya orang – orang yang berpengalaman yang dapat menjawabnya, karena dibutuhkan suatu bakat keahlian khusus dibidang pengelolaan (manajemen) dan butuh pengalaman banyak agar bisa menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah bagaimana kita sebagai pemimpin dapat menjadi pemimpin yang didengar oleh bawahan dan perintah kita dapat diikuti dengan senang hati bukan keterpaksaan, karena setiap manusia punya keunikan tersendiri, ada yang memang punya kepribadian patuh namun ada juga yang mempunyai kepribadian yang cuek dan tidak peka terhadap kewajiban dan kepentingan orang lain/ organisasi. Seandainya, orang tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh organisasi/ perusahaan maka hal ini tidak begitu penting. Namun, situasi menjadi berubah saat orang tersebut memang dibutuhkan oleh organisasi kita/rumah sakit kita. Bagaimana meng- handle SDM yang sulit diatur tetapi dibutuhkan oleh kita? dan SDM tersebut mengerjakan dengan senang hati apa yang kita perintahkan,bagaimana kiatnya? saya menambahkan tentang kerelaan hati ini karena saya percaya bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati akan menghasilkan hasil 2 kali lipat lebih baik daripada yang tidak. Saya rasa dr. Boy sangat berpengalaman dibidang ini sehingga dpt menjawab pertanyaan saya. Sekian dan terima kasih sebelumnya dok..
    Wassalamuaykum wr. wb

    HASTI APRIYANTI
    Mahasiswa MMR UMY 8B

  12. Assalamu’alaikum…
    Sebelumnya terima kasih atas kuliah yang bapak berikan beberapa waktu yang lalu…
    Menarik ketika kita berbicara tentang kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang manajemen rumah sakit… Dari apa yang sudah dipaparkan di atas,,, bapak mengelompokkan kompetensi tersebut ke dalam lima kategori… Nah,,, yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada sebuah indikator untuk menilai sudah sampai mana level kompetensi yang kita miliki… Kemudian apabila ternyata kita masih belum bisa mencapai kompetensi tersebut,,, mungkin bapak dapat menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk dapat mencapai kompetensi tersebut… Terima kasih…

    Asa Muqarrib Hidayat – MMR 8A

    • sabarguna berkata:

      JAKARTA 16 FEB. 2013.
      PADA MASING-MASING MATA AJAR ADA ONDIKATOR. Sepaerti pada buku ASPEK BUSINES dan WIRAUSAHA RS dan KETERAMPILAN MANAJEMEN BERBASIS SISTEM INFORMASI.
      SELAMAT MEMBACA BUKUNYA.
      dr.Boy

  13. assalamualaykum wr wb
    yang ingin saya tanyakan dok adalah bagian kelompok ketrampilan manajemen yaitu membaca dan menulis ilmiah,. Umumnya menulis ilmiah dilakukan oleh praktisi pendidikan. Bagaimana mendorong agar hal ini merupakan bagian dari kompetensi manajemen dari setiap rumah sakit?
    Terima kasih dok

    Irvieny Rumondang ( MKK UI 2012)

  14. Wahyu Joko Pamungkas, MMR UMY 10 C berkata:

    Selamat Siang Pak Boy..
    Kami Mengikuti kuliah Bapak Boy di Kelas MMr 10 c UMY.
    Saat ini kompetensi manajemen rumah sakit memang memerlukan sumber informasi yang akurat dan berkualitas, namun untuk mendapatkan hal tersebut memerlukan sebuah sistem informasi yang terintegrasi diseluruh unit dalam rumah sakit. Sistem Informasi yang terintegrasi tersebut memerlukan biaya yang sangat tinggi. Bagi pemilik Rumah Sakit Investasi Sistem Informasi yang terintegrasi ini dianggap sebagai investasi mahal yang mempunyai feedback yang rendah . Mungkin ini memang menjadi alasan klasik pada saat ini. Hal ini membuat kemampuan manajemen Rumah Sakit saat ini menjadi tidak maksimal . Dengan membawa materi kuliah yang bapak, kami akan mencoba untuk meyakinkan para pemilik rumah sakit untuk menyadari kebutuhan manajemen pada sistem informasi ini
    terima kasih atas tambahan inspirasi bapak tentang :
    ” semua ini tergantung pada kita, bagaimana dan dengan cara apa kita menyampaikan hal ini “.

  15. ruliza berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada dokter boy telah memberkan kesempatan kepada kami untuk membaca tulisan2 dokter yang sangat bermanfaat . Saya bekerja di puskesmas tapi saya tertarik dengan rumah sakit olehkarena itu saya ingin mempelajari manajemen rs dan saya sebagai dokter tentunya saya ingin memanajemen suatu rs suatu saat nanti. saya harus memiliki kompetensi manajemen rs, namun kendala yang saya rasakan dalam memanajemen suatu organisasi adalah menghadapi perubahan apakah itu perubahan kebijakan atau perubahan sistem. seperti halnya yang kita hadapi sekarang ini, dimana kebijakan dari bpjs yang menjadi acuan. menurut dokter apa kiat2 yg harus dilakukan dalam menghadapi perubahan ini.
    Terimakasih sebelumnya dok..,
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s